Cara Merawat Kura kura Brazil Ketika masih Kecil (Low Budget)

Kura-kura brazil merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena hewan ini diwaktu kecil memiliki corak warna yang bagus dan lucu, sehingga memiliki daya tarik untuk memeliharanya. Jadi kali ini saya akan share info Cara Merawat Kura kura Brazil Ketika masih Kecil (Low Budget)

Namun tidak sedikit teman-teman kita yang baru membeli kura-kura ini pasti setelah beberapa hari kura-kuranya mati, baik karena kurang sehat ataupun tidak mau makan yang berkepanjangan.

Berikut saya kasih tips dan trik ala saya sendiri ketika saya memelihara kura kura.

  1. Pemilihan kura kura ketika membeli
    Ketika membeli kura-kura pilihlah kura kura yang ukuranya sudah agak besar (itu tandanya dia sudah di keep  lama oleh seller, dan tentunya sikura sudah mau makan karena ukuranya lebih besar dari yang lain)  Kemudian pilih juga yang paling lincah dan agresive.

    Dan sekedar informasi saja untuk teman teman, kura-kura di ukuran baby atau tukik, belum bisa dikenali jenis kelaminya, jadi apabila ada seller mengatakan bahwa “kura ini jengkelnya jantan atau betina” apa lagi bisa memilihkan kura kura sepasang dengan jenis kelamin jantan dan betina, itu mustahil!!

    Kemudian tanyakan kepada si penjual, biasanya selama di keep oleh seller sikura biasa di beri makan apa? karena jika mendapatkan pakan jenis baru sikura harus menyesuaikan dulu, dan pastinya tidak mau langsung melahap makanan yang baru dikenalnya.

    Perhatian khusus ya teman teman, merk peletnya juga berpengaruh, jadi semisal sellernya bilang “biasa dikasih paka pelet” tanyakan lagi merk peletnya, karena aroma dan kandungan setiap pelet berbeda.

  2. Kandang / Aquarium
    Untuk kandang alangkah bagusnya pasti pakek Aquarium,,.. eitss tapi tunggu dulu, tentunya tidak sembarang aquarium, aquariumnya harus di lengkapi dengan alat alat yang menunjang kehidupan sikura pastinya, harus ada apa saja di aquarium itu?

    Basking (daratan tempat bejemur), sebagai tempat untuk kura kita berjemur, kan kasian kalau everytime suruh berenang terus.Lampu UVB khusus untuk reptile, lampu mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang reptile (ya anggap saja cahaya matahari tiruan sob hhe) harganya lumayan mahal, ratusan ribu.

    Filter aquarium, untuk filter aquarium kalau untuk kura kura harus pakai yang bagus juga teman, karena semakin bertambah umur sikura pasti bertambah banyak juga kotoranya. Pokoknya mahal lagi dehh..

    Nah dari pada kek gitu, biaya perawatan dan aquipment yang mahal, saya sarankan menggunakan cara saya saja, saya dirumah menggunakan tempat wadah donat, cukup di isi air sampai tempurung sikura terendam semua. untuk cahaya peneranganya, cukup taruh wadah donat tadi beserta kura kura di tempat yang terkena cahaya matahari. dan untuk pembersihanya, ganti air setiap kali sikura buang kotoran. Low budget banget kan? cuman butuh contianer donat saja!

  3. Pakan
    Untuk pakan sama seperti yang saya utarakan tadi, pakailah pakan yang biasa seller gunakan, dan apabila teman-teman ingin mengganti jenis pakanya, ganti lah secara bertahap, dengan diselingin pakan yang biasa seller berikan.

    “Uh kok dikasih pelet yang direkomendasikan si seller tetap tidak mau makan” tenang kawan saya punya pakan yang paling ampuh untuk sikura!, eh tapi kalau kuranya bener bener waras dan sehat yaa, Cacing sutera / cacing beku, dan juga fillet daging ikan itulah pakan yang paling disukai sikura.

    Namun untuk pemberian makan pertama kali setelah kura baru datang dirumah barunya, cukup diberi makan sedikit saja, yang menting abis dan jangan sampai tersisa, dan mulai ditambah porsinya di hari hari berikutnya.
    Saran saya berilah pakan kura secukupnya, jangan sampai menyisakan makanan di kandang sikura.

    “Aduk kok dikasih pelet rekomendasi seller, sama dkasih ulet sutera sama fillet daging ikan kok tetep ngga mau?!” kalau kasus ini kemungkinan kura kurang sehat. Nah kalau masalah kurang sehat saya pasrah saja sob, udah pernah ngalamin, di apa apain kuranya ujung ujunganya tetep mati juga.

    Note :
    Saya keep kura sudah dari tahun 2015 dan masih belajar juga, jadi apabila ada informasi yang kurang tepat saya mohon maaf. Silahkan ajukan pertanyaan teman teman, atau boleh juga ajukan saran di kolom komentar di bawah sob.

    Sekian postingan dari kami tentang Cara Merawat Kura kura Brazil Ketika masih Kecil (Low Budget).

    (Postingan yang saya buat beradasarkan pengalaman saya dari dulu 2015 sampai postingan ini saya buat)

    Social Media :
    Instagram
    Facebook
    Lapak Exotic Pet